JD.ID Umumkan Tutup Layanan per 31 Maret 2023

JD.ID Umumkan Tutup Layanan per 31 Maret 2023

Situs belanja online JD.ID tutup layanan mulai 31 Maret 2023, kabar tersebut dinyatakan resmi langsung dari pihak JD.ID Indonesia melalui laman webnya dan seluruh pesanan terakhir akan dihentikan hingga 15 Februari 2023.

JD.ID merupakan anak perusahaan terbesar di Asia yaitu JD.com, e-Commerce yang satu ini mulai merintis sejak 2015 dan sempat menjadi salah satu bagian dari 10 e-Commerce yang mendapatkan trafik tinggi di Indonesia.

"Keputusan strategis yang ditentukan perusahaan untuk mulai fokus pada satu tujuan yaitu pembangunan jaringan rantai pasok lintas negara yang berfokus pada logistik serta werhouse sebagai tujuan bisnisnya," ujar Setya selaku Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID.

Sebelum menutup total layanan, cabang logistik JDL Express Indonesia sudah lebih dulu di tutup sejak 22 Januari 2023. Kabarnya perusahaan JD.com sudah merencakan hal ini untuk tidak beroperasi lagi di Indonesia dan Thailand di tahun 2023. 

Perusahaan memberikan kesempatan bagi penjual, mitra dan customer JDL Express Indonesia untuk menyelesaikan transaksi hingga batas akhir 22 Januari 2023. "Jika pesanan mengalami kendala segera langsung menghubungi Customer Experience kami", tulis JDL Express Indonesia 

Bagaimana nasib semua karyawan yang bekerja di JD.ID? kabarnya sebelum menutup layanan secara permanen, perusahaan sudah melakukan pengurangan karyawan pada Desember 2022 lalu sebanyak kurang lebih 200 karyawan saat itu. Langkah yang diambil perusahaan ini beralasan untuk siap beradaptasi dengan perubahan bisnis yang baru.

Ini bukan langkah pertama yang diambil oleh perusahaan terkait pengurangan karyawan, JD.ID sudah pernah melakukan PHK pada bulan Mei 2022 dengan tujuan dan alasan yang sama yakni untuk mempertahankan perusahaan agar terus berjalan sesuai dengan pasar industri di Indonesia.

Sementara saat ini JD.ID masih beroprasi hingga akhir Maret 2023 mendatang, bagi para mitra dan customer hanya diberi kesempatan pembelian paket dan penyelesaian seluruh transaksi hingga 15 Februari 2023 yang mana waktunya sangat singkat hanya tinggal menghitung hari saja. 

Dengan begitu, seluruh store offline JD.ID mengadakan sale besar-besaran dan mulai melakukan pengosongan barang yang ada di seluruh cabang toko.