Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akun Twitter Fanbase dan Menfess Terancam Punah

Akun Twitter Fanbase dan Menfess Terancam Punah

Akun Fanbase dan Menfess Twitter dikabarkan berhenti beroperasi dikarenakan adanya kebijakan Application Programming Interface (API) terbaru yang mana Twitter tidak lagi memberikan akses gratis bagi pengguna Twitter API mulai 9 Februari 2023.

Tentunya hal ini mengejutkan para pengguna Twitter yang biasanya menggunakan Fanbase dan Menfess tersebut untuk membagikan hal apapun kepada penggguna lain sebagai forum diskusi atau berbagi pendapat. Dengan berbagai kebijakan baru yang keluar kali ini bagian Fanbase dan Menfess yang menggunakan API akan terancam punah.

API adalah singkatan dari Application Programming Interface yang merupakan program antarmuka yang berfungsi sebagai koneksi antara dua aplikasi agar terhubung untuk menghasilkan suatu fitur tertentu. Nah, untuk Fanbase dan Menfess disini mereka menggunakan auto base yang mana program API sebagai sistem kerjanya.

Yang mana sistem kerja base disini para followers akan mengirim pesan melalui DM secara anonim dikarenakan jumlah followers yang tinggi dan yang mengirim DM terlalu banyak, maka mereka menggunakan sistem auto base untuk akun-akun seperti Fanbase dan Menfess agar pesan yang dikirim akan otomatis bekerja tanpa adanya admin. 

Kebijakan baru yang telah ditetapkan untuk akun-akun base disini adalah dengan membayar langganan setiap bulannya agar tetap bisa menggunakan Twitter API. Bagaimana jika tidak membayar langganan? perusahaan sudah memutuskan jika akun Fanbase dan Menfess tidak membayar maka tweet tidak akan membalas pesan yang masuk secara otomatis lagi atau tidak bisa beroperasi sebagaimana fungsi sebelumnya.

Oleh karena itu, per tanggal 9 Februari 2023 yang mana tinggal beberapa hari lagi, untuk akun yang menggunakan Twitter API tidak bisa digunakan secara gratis lagi, melainkan berbayar. Saat ini Twitter menyediakan layanan berbayar Twitter API premium bagi para pengguna ataupun perusahaan yang menggunakan data Twitter keseluruhan. 

Baca Juga : Twitter Blue Hadir di Android Harga Langganan Sama dengan iOS

Twitter belum memberikan informasi terkait biaya berlangganan untuk Twitter API Premium ini. Namun, dikutip dari TheVerge kabarnya harga yang dibanderol yaitu 99 dolar AS atau sekitar Rp. 1,4 juta perbulannya. 

Untuk lebih pasti, tunggu saja kabar terbaru dari Twitter terkait Twitter API Premium ini. Karena jika tidak ada Fanbase dan Menfess suasana Twitter pengguna Twitter akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan.