4 Cara Mengatasi Windows Command Prompt Error

4 Cara Mengatasi Windows Command Prompt Error

Tahukah Anda? Command Prompt punya symbol di awal baris yang meminta pengguna untuk perintah, yang menunjukkan bahwa ia siap untuk input dan karenanya diberi nama Command Prompt. Lalu bagaimana jika command prompt tidak berfungsi dengan baik? Simak cara mengatasi windows command prompt error fix berikut ini!

Command Prompt pada sistem operasi Windows adalah fitur yang sangat berguna untuk melakukan berbagai tugas dan pengaturan pada komputer. Namun, seringkali pengguna mengalami masalah seperti error atau pesan kesalahan saat menggunakan Command Prompt, yang dapat menghambat produktivitas pengguna. 

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah dengan memperbaiki instalasi Windows melalui Command Prompt sebagai Administrator dan menjalankan perintah "sfc /scannow" untuk memperbaiki file sistem yang rusak atau hilang. 

4 Cara Mengatasi Windows Command Prompt Error

Selain itu, melakukan update terbaru pada sistem operasi dan meng-update driver ke versi terbaru juga dapat membantu memperbaiki masalah pada Command Prompt. Jika cara-cara tersebut tidak berhasil, pengguna dapat mencoba untuk melakukan penghapusan file temporary pada Windows untuk mengurangi beban pada sistem operasi. Terakhir, pastikan selalu menggunakan Command Prompt dengan hati-hati dan melakukan perawatan rutin pada sistem operasi untuk memastikan fitur ini selalu berfungsi dengan baik.

1. Periksa Antivirus

Salah satu penyebab masalah pada Command Prompt ialah antivirus berupa Avast. Jika Anda menggunakan Avast, Anda harus memulihkan file consent.exe atau cari antivirus alternatif. Mengapa demikian? Hal ini karena file consent.exe yang dikarantina menyebabkan Command Prompt macet.

2. Periksa Berkas Sistem (SFC)

Buka PowerShell dengan hak admin. Anda bisa mencarinya di Start Menu Windows atau klik kanan tombol Windows. Ketika terbuka, Anda akan menjalankan SFC/Scannow. Perintah SFC akan memeriksa penyimpangan dalam file sistem OS Anda dan memperbaikinya jika perlu. Mungkin butuh waktu sekitar 15-20 menit untuk memprosesnya.

Jika menemukan kesalahan, Anda bisa melihat pesan yang mengatakan sesuatu seperti ‘tidak ada pelanggaran integritas yang ditemukan.’ Apabila beberapa file korup, Anda aan melihat pesan yang memberitahu Anda bahwa ‘file korup diperbaiki’ dan ‘rincian disertakan dalam file CBS.log’ beserta path ke file tersebut juga disebutkan.

3. Pintasan Perintah Prompt

Cara mengatasi windows command prompt error fix yang selanjutnya yaitu dengan mengoptimalkan pintasan perintah prompt. Jika Command Prompt tidak berfungsi dengan baik, Anda dapat membuat pintasan Command Prompt pada desktop untuk meluncurkan yang sama.

Anda hanya perlu klik kanan di mana saja di desktop Anda dan pilih Shortcut di bawah New. Kemudian pada jendela pop-up, ketik cmd.exe di kotak lalu klik Berikutnya. Lalu berikan nama yang sesuai dan klik Finish. Pintasan tersebut akan meluncurkan Command Prompt tetapi tidak dalam mode administrator. Oleh karena itu, klik kanan pada pintasan yang baru dibuat dan pilih Properties.

Perhatikan di bawah tab Shortcut, Anda pilih saja Advanced. Kemudian pilih jalankan sebagai administrator di sini, klik OK, selesai. Hal yang perlu Anda coba yaitu luncurkan Command Prompt sekarang.

4. Hapus Item Menu Konteks

Cara mengatasi windows command prompt error yaitu dengan menghapus item menu konteks. Ketika Anda menginstal aplikasi atau perangkat lunak, biasanya menambahkan jalan pintas ke menu konteks. 

Menu ini tersedia ketika Anda mengklik kanan pada desktop Anda atau di dalam aplikasi. Untuk menghapus item konteks ini, undul ShellMenuView dan ShellExView. Langkah pertama yaitu dengan meluncurkan ShellMenuView dan di bawah Nama Menu, Anda bisa melihat semua pintasan menu konteks perangkat lunak serta beberapa aplikasi yang tidak dibuat oleh Microsoft. Pilihlah semua pintasan menu konteks non-Microsoft dan nonaktifkan dengan mengklik ikon merah. UIangi proses yang sama dengan ShellExView.

Kesimpulan

Itulah keempat cara mengatasi windows command prompt error fix. Sebenarnya tak hanya itu, ada beberapa cara lagi yang bisa Anda coba, mulai dari membuat pengguna baru, memperbaiki jalur variabel lingkungan sistem, DISM, mode aman, dan pemulihan sistem. Meski demikian, Anda bisa memilih salah satu atau menggabungkan beberapa cara diatas.