7 Cara Mengatasi Windows Firewall Error Sendiri di Rumah

7 Cara Mengatasi Windows Firewall Error

Windows Firewall adalah fitur bawaan sistem operasi Windows yang berfungsi untuk melindungi komputer Windows dari ancaman keamanan yang muncul dari internet atau jaringan lokal. Namun, terkadang Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba mengaktifkan atau menggunakan Windows Firewall. 

Salah satunya adalah ketika Windows Firewall error fix muncul. Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah tidak bisa mengaktifkan Windows Firewall, tidak bisa mengakses situs web tertentu, atau tidak bisa menginstal aplikasi tertentu. 

Cara Mengatasi Windows Firewall Error

Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa cara mengatasi Windows Firewall error fix. Semoga membantu.

Periksa Pengaturan Firewall

Pastikan dulu bahwa Firewall tidak diatur untuk memblokir program tertentu atau port tertentu yang dibutuhkan oleh aplikasi Anda. Anda dapat membuka pengaturan Firewall dan memeriksa pengaturan di bagian “Allowed apps and features” untuk memastikan bahwa semua aplikasi yang diperlukan sudah diizinkan untuk mengakses jaringan.

Matikan Firewall Sementar

Kalau Anda mencoba untuk mengakses situs web tertentu atau menginstal aplikasi tertentu dan Firewall masih saja memblokirnya, cobalah untuk mematikan Firewall sementara. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Turn off Windows Firewall” di pengaturan Firewall.

Update Windows

Sistem operasi Windows secara berkala mengeluarkan pembaruan yang memperbaiki kerentanan keamanan dan masalah yang ditemukan. Pastikan bahwa sistem operasi Windows Anda diperbarui dengan pembaruan terbaru untuk memperbaiki masalah yang ada pada Firewall.

Jalankan Troubleshooter

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat menjalankan “Windows Firewall Troubleshooter”. Fitur ini dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan Firewall. Untuk menjalankan Troubleshooter, buka Control Panel dan cari “Troubleshooting”. Kemudian, klik “Firewall” dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses troubleshoot.

Scan Komputer Anda

Ada kemungkinan terdapat program jahat yang memblokir Windows Firewall dan menyebabkan masalah pada sistem Anda. Pastikan bahwa sistem Anda bersih dengan menjalankan program antivirus dan malware terbaru. 

Reset Firewall

Jika semua upaya di atas tidak berhasil memperbaiki masalah pada Firewall, Anda dapat mencoba untuk mereset Firewall. Untuk melakukan ini, buka Command Prompt dengan “run as administrator”, lalu ketik perintah “netsh advfirewall reset”. Setelah itu, restart komputer Anda dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

KESIMPULAN

Teman-teman itulah beberapa cara mengatasi Windows Firewall error fix yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Penting untuk memastikan bahwa sistem operasi Windows Anda terus diperbarui dan dilindungi dari program jahat yang dapat membahayakan sistem Anda. 

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda selalu menjaga keamanan sistem Anda dengan menggunakan Firewall dan antivirus terbaru. Jika masalah masih terus berlanjut, jangan ragu untuk mencari bantuan dari ahli teknologi atau forum komunitas online untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk masalah Anda.