Cara Mengatasi Windows Authentication Error

Cara Mengatasi Windows Authentication Error

Kalau Anda sering menggunakan Remote Desktop Protocol, Anda pasti menjumpai dengan yang namanya Windows Authenticator. Windows Authentication adalah proses otentikasi yang digunakan oleh sistem operasi Windows untuk mengontrol akses ke sumber daya di jaringan, salah satunya adalah ke Remote Desktop Protocol, menggunakan username dan kata sandi tertentu. 

Namun, terkadang Anda mungkin mengalami masalah saat mencoba untuk mengakses sumber daya di jaringan dan mendapatkan pesan Windows Authentication Error Fix. Pesan ini muncul ketika proses otentikasi gagal dan pengguna tidak dapat mengakses Remote Desktop Protocol seperti seharusnya.

Baca Juga : 7 Cara Mengatasi Windows Firewall Error Sendiri di Rumah

Cara Mengatasi Windows Authentication Error Fix

Berikut ini cara mengatasi Windows Authentication Error, dengan beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Simak langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Periksa Kredensial

Pastikan bahwa kredensial yang digunakan untuk mengakses Remote Desktop Protocol benar. Anda bisa membuka pengaturan Windows dan memeriksa pengaturan akun di bagian Accounts. Pastikan bahwa Anda memiliki akses ke akun dengan kredensial yang benar.

2. Cek Koneksi Jaringan

Pastikan bahwa koneksi jaringan Anda stabil dan terhubung dengan benar. Ini adalah masalah paling umum yang dapat mempengaruhi proses otentikasi. Cobalah untuk memeriksa perangkat Anda ke apakah telah terhubung dengan benar ke jaringan internet.

3. Perbarui Windows

Pastikan juga sistem operasi Windows Anda telah diperbarui dengan pembaruan terbaru. Pembaruan Windows dapat memperbaiki permasalahan dengan proses otentikasi dan meningkatkan keamanan sistem Anda. Buka Pengaturan Windows dan periksa pembaruan sistem operasi terbaru di bagian Update & Security

4. Jalankan Troubleshooter

Anda juga dapat menjalankan Windows Network Diagnostics" untuk membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan proses otentikasi. Untuk menjalankan

Troubleshooter, buka Control Panel dan cari Troubleshooting Kemudian, klik Network and Internet & dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses troubleshoot.

Troubleshooter, buka Control Panel dan cari Troubleshooting . Kemudian, klik "Network and Internet  dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses troubleshoot.

Reset Koneksi Jaringan

Mereset koneksi jaringan bisa Anda lakukan jika ternyata beberapa cara di atas tidak bisa dilakukan. Untuk melakukan ini, buka Command Prompt dengan hak akses administrator dan ketik perintah ipconfig /release diikuti dengan ipconfig /renew. Setelah itu, restart komputer Anda dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

Coba Menggunakan Jaringan Berbeda

Jika masalah masih terjadi bahkan setelah mencoba semua cara di atas, cobalah untuk mengakses Remote Desktop Protocol dengan jaringan yang berbeda. Terkadang, masalah dengan proses autentikasi terjadi pada jaringan tertentu dan dapat diatasi dengan jaringan yang berbeda.

Coba Menggunakan Akun Administrator

Jika Anda tidak dapat mengakses Remote Desktop Protocol dengan akun biasa, cobalah untuk masuk dengan akun administrator. Akun administrator memiliki izin akses yang lebih tinggi dan dapat membantu mengatasi masalah dengan proses otentikasi. Sebab ketika terjadi error, hanya akun administrator saja yang bisa masuk.

Hubungi Administrator Jaringan

Jika Anda bukan administrator dan tidak bisa mengakses Remote Desktop Protocol, menghubungi administrator adalah pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan. Sebab hanya administrator yang bisa memperbaiki masalah Windows Authentication Error Fix.

Penutupan

Teman-teman itulah beberapa cara mengatasi Windows authentication error fix pada Remote Desktop Protocol. Semoga dengan cara di atas, Anda bisa kembali mengakses Remote Desktop Protocol seperti sedia kala.