Cara Mengatasi Windows Driver Error Fix Langsung Berhasil

Cara Mengatasi Windows Driver Error Fix Langsung Berhasil

Apa Itu Driver? Driver merupakan sebuah software yang memiliki fungsi untuk menghubungkan hardware dengan komputer. Driver digunakan oleh sistem windows untuk melakukan komunikasi dengan hardware dari driver tersebut. Terutama, Windows tidak dapat terhubung secara langsung tanpa kehadiran driver, seperti scanner dan printer. Karenanya, driver sangat dibutuhkan sebagai perantara penerjemah antara sistem operasi dan hardware yang digunakan di komputer Anda.

Mengatasi windows driver error wajib dilakukan agar Anda bisa tetap menggunakan PC. Cara mengatasi Windows driver error ini bisa dilakukan dengan melakukan install ulang laptop atau PC dengan mudah. Bahkan, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah asalkan koneksi internet bagus. Lantas, bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini. 

Pentingnya Melakukan Update Driver

Update driver sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi pada aplikasi maupun pada sistem operasi Windows yang ada pada PC itu sendiri. Pada saat melakukan update ini, semua fitur, patch, bug fix, akan diperbarui dan menjamin driver PC Anda tetap kompatibel.

Baca Juga : Cara Mengatasi Windows Error Recovery Windows 10, 8, 7

Ketika driver tidak dilakukan update, maka akan menimbulkan masalah bagi kinerja perangkat Anda sehingga Anda akan kesulitan saat sedang mengoperasikan PC.

Cara Mengatasi Windows Driver Error Fix

Berikut langkah-langkah mengatasinya:
  1. Menghubungkan Komputer ke Jaringan internet, Anda harus memastikan komputer dengan driver error yang akan diupdate sudah terhubung dengan internet. Namun, sebaiknya Anda menggunakan Wi-Fi atau koneksi lain yang lebih stabil agar proses install tidak terkendala.
  2. Buka Device Manager, Selanjutnya, silakan buka menu Device Manager dengan cara klik kanan pada tombol Start danm memilih Device Manager.
  3. Temukan Driver yang Ingin Di Update, Setelah masuk ke aplikasi Device Manager akan muncul seluruh daftar driver yang ada di PC Anda. Cari driver error mana yang ingin Anda update. Namun, kemungkinan Anda harus melakukan expand menu pada device agar bisa menemukan driver yang diinginkan, seperti saat Anda ingin update driver VGA maka Anda harus expand pada menu Display.
  4. Klik Kanan Pada Driver, Setelah menemukan driver error yang diinginkan, silakan klik kanan pada driver tersebut.
  5. Pilih Update Driver, Lakukan klik kanan, maka kontekstual menu akan muncul. Silakan Anda klik pada menu Update Driver.
  6. Pilih Update Otomatis, Tunggu hingga jendela update wizard muncul. Jika Anda ingin melakukan update secara otomatis pilih Search automatically for updated driver software.
  7. Tunggu Proses Update Selesai, Langkah tersebut dapat membantu Windows secara otomatis melakukan proses pencarian dan mengupdate. Anda hanya perlu menunggu hingga semua proses update ini selesai. 
Demikian Cara mengatasi Windows driver error fix yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika masih tidak bisa segera kunjungi tempat servis laptop terdekat.