Cara Menggunakan Windows Error Reporting (WER) Analysis

Cara Menggunakan Windows Error Reporting (WER) Analysis

Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia dan hal itu tidak terjadi begitu saja. Windows memiliki banyak sekali keunggulan dalam memastikan efektivitas, efisiensi dan kemudahan dalam menggunakannya. Salah satu fitur yang membantu banyak pengguna adalah WER. Berikut pengertian dan cara menggunakan Windows Error Reporting (WER) analysis.

Microsoft kemudian akan menggunakan laporan error ini untuk memberikan langkah-langkah penyelesaian masalah kepada pengguna, solusi lain, atau update yang dibutuhkan. Pengembang aplikasi juga bisa menggunakan laporan ini untuk evaluasi dan memastikan peningkatan kinerja aplikasi mereka.

Apa itu Windows Error Reporting? 

Windows Error Reporting atau WER adalah fitur Windows yang memungkinkan pengguna untuk melaporkan kegagalan aplikasi, aplikasi yang tidak responsif, dan masalah aplikasi lainnya kepada Microsoft.

Ketika WER memeriksa dan mencari solusi, WER akan berkomunikasi dengan server WER di Microsoft dengan memastikan dulu apakah masalah yang terjadi sudah diketahui atau pernah terjadi sebelumnya. Server kemudian merespon dengan langkah-langkah berikut. Jika masalah sudah diketahui, server akan mengirimkan solusi ke komputer pengguna, dan WER akan memberikan notifikasi. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Windows Driver Error Fix Langsung Berhasil

Jika masalah sedang diinvestigasi, server akan memberitahu pengguna tentang statusnya, jika aplikasi membutuhkan lebih banyak data, aplikasi akan memberitahu WER dan WER akan meminta persetujuan pengguna untuk memberikan lebih banyak data. Jika ternyata masalah yang terjadi tidak diketahui atau belum pernah terjadi sebelumnya, server akan membuat laporan dan meminta pengembang aplikasi untuk melakukan investigasi dan memberikan status kepada WER untuk diberikan kepada pengguna.

Cara Menggunakan WER 

Cara menggunakan Windows Error Reporting (WER) analysis adalah hal yang sangat mudah. WER biasanya sudah terprogram untuk bekerja secara otomatis. Ketika ada masalah pada aplikasi, secara otomatis akan muncul notifikasi yang akan memperbolehkan Anda mengirim laporan masalah ke Microsoft, dan meminta langkah-langkah penyelesaian. Ketika aplikasi mengalami berbagai jenis kesalahan dan error, sistem operasi akan memberitahu WER, WER lalu mengumpulkan data, membuat laporan, dan kalau diperlukan, meminta persetujuan dari pengguna.

WER kemudian melaporkan laporan ke Microsoft jika pengguna setuju, kemudian jika aplikasi sudah terdaftar untuk recovery dan restart, WER akan melakukan fungsi callback dalam keadaan data yang terkompresi dan mengirimnya ke Microsoft. Jika sebuah respon dari masalah tersebut tersedia, maka pengguna akan diberikan notifikasi.

Itu dia cara menggunakan Windows Error Reporting (WER) analysis dan penjelasannya. Windows Error Reporting akan sangat membantu Anda, tapi perlu diketahui bahwa WER yang bekerja membutuhkan banyak tenaga sehingga akan mempengaruhi kinerja laptop atau komputer Anda. Jika Anda sedang membutuhkan komputer atau laptop yang cepat, Anda bisa mematikan Windows Error Reporting.